Foto rame-rame

Pernahkah kamu pergi ke suatu acara, bertemu dengan teman-teman, lalu rame-rame difoto atau terfoto dengan segala pose, kemudian tidak tahu ada dimana/pada siapa foto-foto tersebut, padahal ingin punya kenang-kenangan dari event tersebut?

Saya dulu sering sih, jaman foto masih analog. Ribet tuh. Kalopun ketahuan siapa temen yang motret, musti pinjem klise dulu, lalu sambil menatap sumber cahaya mencari-cari diri sendiri dari deretan negatif film hitam-putih itu. Makin banyak orang dalam frame makin susah juga ketemunya.

Jaman foto sudah digital mestinya lebih mudah ya? Habis foto-foto tinggal ngomong: “nanti saya tag di pesbuk!”. Iya, teorinya sih gitu. Faktanya tetep aja foto jadi gak punya karena beberapa kendala:
1. yang motret gak kenal; panitia acara pake tukang foto profesional; atau malah gak tahu bin gak inget siapa tadi yang ngambil gambar.
2. kenal, tapi gak temenan di pesbuk saat foto dibuat & ditag.
3. ketimbang di fesbuk, fotonya dimuat di media lain semisal twitter. Twit mention-nya segera saja hilang tenggelam di temlen.
4. temen yang motret lupa ngaplod karena sibuk, atau males resize, atau gak sempet nyari diantara ratusan foto dalam kamera, atau malah lupa ngetag abis aplod. Mau ditanya terus-terusan ya sungkan. :mrgreen:
5. foto sudah diaplod dan ditag, tapi karena satu dan lain hal fotonya lalu dihapus atau malah akun pesbuknya ditutup. :(

Nah, beberapa waktu terakhir ini saya sedang berusaha mengumpulkan lagi penampakan-penampakan saya dalam 6-7 acara bersama teman-teman blogger lain saat berpetualang di Jogjakarta dan Jakarta beberapa bulan silam. Sulit, tentu. Saya tak tahu siapa saja yang punya foto. Lebih sulit lagi tentu saja memohon kepada kawan-kawan atau pihak-pihak yang saya tahu punya foto agar sudi mengaplod, atau membagi file foto-foto tersebut. Rata-rata seleb sibuk soalnya.. #nomention :mrgreen:

Sesekali saya beruntung, menemukan foto diri tanpa tag, seperti ini misalnya. Ini foto waktu menonton pertandingan Piala AFF 2010 antara Indonesia vs Thailand yang berkesudahan 2-1. Foto ini, dan beberapa foto lainnya, ditemukan di album foto FB Christabelle Adeline, pacar temennya temen saya. Syukurlah FB dia bisa diakses yang bukan temen. :D

Satu-satunya foto yang fokusnya saya, ternyata diambil dari belakang. :lol:

Minggu, 7 Agustus silam, saya dapet kejutan lain dari Norah. Setelah malam sebelumnya berbincang-bincang soal pertemuan kami pada Pesta Blogger Jogja 2010 yang sama-sama tidak kami sadari, hari itu dia men-tag saya beberapa foto dari acara itu, termasuk satu yang selama ini cuma bisa saya lihat di postingan Simbok Venus. Woh, senengnya luar biasa. Makasih ya, Norah. :D

Cafe Peacock, 7/10-10. Itu bukan mekbuk saya btw.. :mrgreen:

Tapi penemuan terbaik sejauh ini sepertinya dateng hampir semingu kemudian. Ceritanya saya dan Almas lagi ceting nostalgia di Twitter soal pengalaman kami mengikuti acara Soempah Pemoeda 2.0. Ada hal-hal lucu di acara itu yang mungkin akan saya ceritakan lain waktu, tapi yang jelas saya dan Almas sama-sama kekurangan dokumentasi, padahal ada begitu banyak jepretan kamera disitu, mulai dari kamera sesama peserta sampai kamera tukang foto resmi dari acara. Makasih buat bang Amril TG (dan mbah Google), kami jadi ada tambahan koleksi foto saat naik panggung. Tapi foto-foto sesudah acara utama yang meliputi berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda susah dicari, atau sepertinya hanya menjadi arsip pribadi XL sebagai sponsor. Tak disangka saya nyasar ke postingan Hasnul Suhaemi, salah satu pengurus acara tersebut dan menemukan satu foto official berukuran besar saat berfoto bersama di depan museum. Keren sekali. Ini potongan foto tersebut yang menampilkan saya dan Almas. Klik saja tuk melihat foto secara utuh.

Saya dibelakangnya tikabanget & leonisecret. Tangan mengepal tapi muka datar. :mrgreen:

Sebenarnya saya juga menemukan dua foto lain dari situasi yang sama di blog Omjay, sayang ukurannya terlalu kecil tuk dapat dinikmati. Sudah rikues ke beliau meminta arsip foto tersebut tapi belum ada hasil memuaskan, begitu juga ke saudara Hasnul. Ya sudahlah, belum beruntung. :P

Oiya, 2-3 hari ini teman-teman yang Islam merayakan Lebaran. Kalian tidak lupa foto-foto kan? Atau punya cerita menarik lain seputar foto-foto bareng teman-teman? ;)

25 Responses to “Foto rame-rame”


  1. 1 Butterfly Menikmati Dunia September 1, 2011 pukul 1:51 am

    Posting menarik dengan penutup yang memancing….menarik :D

  2. 2 Ando-kun September 1, 2011 pukul 2:09 am

    Saya ini tukang foto.
    Jadinya kebanyakan foto2 yang diambil… nggak ada tampang saya lah. wong yang moto saya koq.
    kecuali kalau bawa tripod, bisa sih narsis moto diri sendiri, dan itu jarang terjadi :mrgreen:

  3. 3 jensen99 September 1, 2011 pukul 2:18 am

    @ BMD

    Beneran nih, Priska. Saya mestinya punya lebih banyak foto daripada yang Priska bisa lihat di FBku, tapi ya gitu deh masalahnya. :lol:

    @ Ando-kun

    Nah! Itu juga masalah abadi. Bagaimana caranya supaya kalo ada lima orang ngumpul, kelimanya bisa masuk semua di foto. Belum lagi kalo foto diambil dari ujung meja panjang di restoran, pasti banyak yang ketutup temen di sebelah. :P

  4. 4 Christin September 1, 2011 pukul 2:41 am

    Gak ada fotonya yang sama sayaaaa :evil: *trus kenapa?*

  5. 5 efahmi September 1, 2011 pukul 7:38 am

    wah, fotonya banyak betebaran dimanamanaaa… kalo aku nyari2 fotoku sendiri mungkin nggak nemu banyak, lebih banyak moto teman2 sih daripada difoto teman2, hehe :D

  6. 6 Kimi September 1, 2011 pukul 12:55 pm

    Lebaran tidak ada foto2. Karena saya tidak suka foto2. :D

  7. 7 Asop September 1, 2011 pukul 5:41 pm

    Oh, jelas, pas lebaran pasti ada acara foto2 bersama keluarga. ;)

  8. 8 jensen99 September 1, 2011 pukul 5:52 pm

    @ Christin

    Waktu ketemu di Jogja, terutama pas kopdaran di Mirota ada yang ngambil foto gak ya? :? Kalo yang ketemuan2 di Jakarta sih dah ada foto2nya di fesbuk kan..

    @ efahmi

    Iya masbro, banyak, tapi yang keaplod gak sampai separohnya. Makanya ini nyari2. Laen kali kalo ketemu potret saya ya? *halah* :mrgreen:

    @ Kimi

    Sukanya diajak jalan2 ya? :P

    @ Asop

    Bagus tuh.. ;)

  9. 10 Chic September 2, 2011 pukul 3:27 pm

    Ih daku tersindir..merasa di no mensyen.. (–“) *tujes jensen*

  10. 11 jensen99 September 2, 2011 pukul 4:01 pm

    @ Ceritaeka

    Kalo sudah du du du begitu biasanya ngumpetin sesuatu. :twisted:

    @ Chic

    Itu yang komen sebelum makcik juga nyimpen foto saya banyak, makanya nyanyi-nyanyi. :lol:

  11. 12 almascatie September 2, 2011 pukul 5:49 pm

    jadi inget bantuan Chic soal tiket.. =_= makasihhh… :lol:

  12. 13 Fenty September 3, 2011 pukul 12:18 am

    hehehe, kadang kalau saya yang bawa kamera seringnya saya yang nggak kena foto :p

    tapi suka banget foto bareng2 gitu, kerasa sesuatu banget #halah xD

  13. 14 warm September 3, 2011 pukul 9:42 am

    lah foto saya mana? :evil:

    itu mana foto2 kemesraan pas PB di jakarte? :mrgreen:

  14. 15 nonadita September 3, 2011 pukul 1:34 pm

    Kita kopdar & foto2 lagi di Pesta Blogger tahun ini yes? :D

  15. 16 jensen99 September 3, 2011 pukul 2:24 pm

    @ almascatie

    Makcik itu memang hebat dan melegenda… ;)

    @ Fenty

    tapi suka banget foto bareng2 gitu, kerasa sesuatu banget

    kerasa eksis banget, tepatnya… :mrgreen:

    @ warm

    Foto yang mana? Ini saya berburu foto2 yang belum ada di fesbukku. Kalo yang di PB jakarte kan dah ada di FBku (hampir) semua, dah diposting Almascatie pula. :P

    @ nonadita

    Err… seharusmya sih begitu. Tapi liat nanti yaa. Belum bisa janji apa2. :mrgreen:

  16. 17 pitshu September 4, 2011 pukul 9:06 pm

    biasanya klo photo rame, ujung na… ” lho kok ada si A? kenal ama si A juga ? ” wakakakak ^^

  17. 18 jensen99 September 5, 2011 pukul 4:02 pm

    ^

    Itu foto terakhir diatas, penuh dengan blogger2 yang saya tidak kenal atau tidak tahu identitasnya. :lol:

  18. 19 goop September 5, 2011 pukul 4:11 pm

    bagaimana kalau kita foto berdua?
    tapi itu bukan rame-rame, ya?
    dan menimbulkan tanda tanya bisa-bisa hehehe

  19. 20 jensen99 September 6, 2011 pukul 4:11 pm

    ^

    Boleh saja. Kapan? Kalo soal menimbulkan pertanyaan itu bisa diurus belakangan.. ;)

  20. 21 isnuansa September 9, 2011 pukul 9:05 pm

    saya ada di belakang mak Chic, biasa, dengan senyum andalan, hahaha..

    segera saya akan posting foto Lebaran saya. narsis biar dapat materi tulisan, hahaha…

  21. 22 jensen99 September 9, 2011 pukul 10:52 pm

    ^

    Nunik sih, yang ditunggu postingan soal nikahanmu.. :mrgreen:

  22. 23 yusdi September 15, 2011 pukul 5:01 pm

    wah rame yaa…..ohohohohohohoho

  23. 24 cK September 20, 2011 pukul 7:57 pm

    Saya banyak banget fotonya. Terbukti ada sekitar 1000an foto yang ditag di FB. :lol:

  24. 25 jensen99 Maret 9, 2013 pukul 4:45 pm

    @ yusdi

    Saat2 itu memang rame. Namanya juga pas ada acara. ;)

    @ cK

    cK kan jauuuuh lebih sering kopdar/kumpul2 dan ngikuti acara bareng teman2, juga lebih sering difoto. Saya keseringan kopdar tanpa foto sih. :P


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




JenSen99 is

I got a heart full of pain, head full of stress, handfull of anger, held in my chest. And everything left’s a waste of time~
September 2011
M S S R K J S
« Agu   Okt »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Lapak Berkicau

Follow me on Twitter


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.102 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: