Krisis Bek

Senin (9/3) malam, saya nonbar Persik vs Persipura, sang pemuncak klasemen ISL di rumah KB. Seperti kecemasan saya sebelum pertandingan, Persipura akhirnya menyerah 1-2 dari tuan rumah. Kebobolan dua gol bukanlah hal yang lazim buat Persipura, pemilik pertahanan terbaik di Indonesia. Peristiwa yang sama sebelumnya hanya terjadi melawan Sriwijaya di Palembang dan melawan PKT di Bontang, dimana ada poin yang bisa dibawa pulang (seri 2-2 dan menang 4-2). Ini tentu saja mengecewakan para Persipuramania. Apa pasal?

Jawabannya adalah krisis bek. Bagi para penggemar sepakbola, tentu jamak diketahui bahwa setiap tim minimal harus terdiri dari 23 pemain: 2 pemain tuk setiap posisi dan 3 kiper. Persipura, yang bermain dengan formasi 3-4-3, justru hanya memiliki 4 bek dalam tim, dan semuanya dimainkan bersamaan dalam formasi inti. Bio Paulin Pierre dan wakil kapten Jack Komboy sebagai stopper kiri-kanan, Victor Igbonefo sebagai libero; dan bek keempat, Ricardo Salampessy, dimainkan sebagai bek sayap kanan (RWB) di lapangan tengah. Apabila salah satu dari trio defender berhalangan turun, Ricardo akan dipasang menempati posisi bek dan tempatnya di gelandang digantikan pemain lain.

Senin malam itu, kedua stopper Persipura sama-sama tak bisa turun karena akumulasi kartu kuning. Seperti biasa, Ricardo turun menempati posisi stopper kanan, posisi yang mampu ditempatinya dengan sangat baik. Tapi tak ada pemain pengganti di stopper kiri yang akhirnya ditambal oleh Ortizan Solossa, pemain yang posisinya di Persipura adalah bek sayap kiri (LWB). 3 hari sebelum pertandingan, Ortizan pernah berkilah (seperti dikutip media) bahwa posisi bek kiri sebenarnya tidak asing baginya semasa bermain di PSM dan Arema. Well, AFAIK PSM dan Arema menggunakan formasi 4-4-2 saat itu, tentu saja posisi “bek kiri” disitu (Left Side Back) beda jauh perannya dengan posisi “bek kiri” pada formasi 3 bek (Left Stopper). Pertandingan kemudian membuktikan bahwa Ortizan menjadi titik lemah Persipura malam itu, secara individual maupun secara tim, dimana kerapuhan lini belakang membuat lini tengah jadi ikut repot dalam bertahan dan susah membantu serangan, apalagi setelah kebobolan duluan yang IMO diakibatkan kesalahannya.👿

Secara tim, ini adalah kesalahan manajemen (baca: manajer tim, walikota Jayapura M.R. Kambu) yang tidak mau mengabulkan permintaan pelatih Jackson F. Tiago untuk menambah seorang bek tengah (dan seorang gelandang bertahan) pada jeda kompetisi. Bahkan pada saat yang sama beliau melepas bek tangguh Mauly Lessy –yang tidak bermain setahun terakhir karena cedera– ke Sriwijaya FC.
Yah, syukurnya ini cuma karena akumulasi kartu, bukan cedera, dan posisi di klasemen belum berubah. Semoga peristiwa ini bisa membuka mata manajemen Persipura tuk di musim depan melengkapi tim dengan rekrutan berkualitas, dan berhenti memaksa pelatih untuk terus-terusan “memaksimalkan pemain yang ada”. Hidup Persipura!😎

Nah, sehubungan dengan krisis bek, masalah yang sama sekarang sedang menggelayuti tim kesayangan saya yang lain: Internazionale FC alias Inter Milan, bedanya, yang ini karena badai cedera. Setelah Christian Chivu belum sehat juga, dua bek lain menyusul rontok saat menghadapi Genoa pekan lalu; Marco Materazzi harus absen 3 pekan karena otot paha kirinya tertarik, sementara Nicolas Burdisso mungkin bakal absen hingga akhir musim karena kerusakan ligament lutut kiri dan tendon paha kanannya sobek.😦

Kondisi ini mengkhawatirkan menjelang 2nd leg 16 besar Liga Champions melawan MU di Old Trafford Kamis pagi nanti. Syukurnya, dari daftar pemain yang dibawa Mourinho ke Inggris sudah ada nama bek tangguh Walter Samuel, mendampingi Nelson Rivas yang penampilannya makin jelek tiap diturunkan, juga Ivan Cordoba yang dianggap terlalu pendek untuk menghadang Berbatov. Apakah Cambiasso bakal dipasang jadi defender? Ntahlah, apapun strategi dan formasi Mourinho, saya cuma bisa berharap Inter Milan mampu melaju ke perempat final. Forza Inter!!!😀

20 Responses to “Krisis Bek”


  1. 1 jensen99 Maret 10, 2009 pukul 4:23 pm

    Prediksi: MU 2-2 Inter.😈

  2. 2 lambrtz Maret 10, 2009 pukul 4:36 pm

    Glooory glory Man Uniiiiited….

    Prediksi:

    MU banyak ~ 1 Inter

  3. 3 Arm Maret 10, 2009 pukul 11:41 pm

    glory glory Anfield Gank!!:mrgreen:

    prediksi :

    MU banyak ~ Lebih banyak Inter:mrgreen:

    @ lambrtz : wiken ini jangan galak2 ya kk

  4. 4 dnial Maret 10, 2009 pukul 11:49 pm

    Ini menyiapkan alasan kekalahan Inter malam nanti?😛

  5. 5 Sukma Maret 11, 2009 pukul 1:10 am

    Prediksi

    MU buanyak banget ~ 0 Inter
    :mrgreen:

  6. 6 itikkecil Maret 11, 2009 pukul 2:27 am

    Forza inter!!!!
    *toss sama Jensen*

  7. 7 hawe69 Maret 11, 2009 pukul 5:22 am

    gw jualan aer aja deh di lapangan..

    *aer aer aerrr yang haus yang haus*

  8. 8 jensen99 Maret 11, 2009 pukul 8:48 am

    @ lambrtz | Sukma

    May the best team win.😉

    @ Arm

    Aih, Liverpool menggulung Real Madrid dengan indah tadi pagi!! Keren!

    @ dnial

    In Mourinho we trust!

    @ itikkecil

    toss, mbak!😛

    @ hawe69

    Dukung Inter dong!:mrgreen:

  9. 9 Ando-kun Maret 11, 2009 pukul 12:16 pm

    May the best team win.😉

    The one and only one. Italia Numero Uno Internazionale Milano.

    Forza Nerrazurri!!!

    prediksi: MU-Inter 1:1

    *Hom pim pah sama jensen dan itik kecil*

  10. 10 Arm Maret 11, 2009 pukul 3:46 pm

    Aih, Liverpool menggulung Real Madrid dengan indah tadi pagi!! Keren!

    masih belom seganas Muenchen kok😆
    emang Judas Ramos aja yg ga hoki kalo ketemu yg berbau Inggris😆

    @ lambrtz | sukma : *sekali lagi* weekend besok jangan galak2 ya kakak😀

  11. 11 lambrtz Maret 11, 2009 pukul 9:35 pm

    Wah sial, tebakan saya salah. Ternyata 2-1.😐
    😀

  12. 12 Arm Maret 11, 2009 pukul 9:47 pm

    ah, dudul nih om Jose.. Ibra azhari juga mandul tuh…
    emang hidup jadi terlalu mudah dengan menjadi pemuja setan😉

  13. 13 Rukia Maret 11, 2009 pukul 11:59 pm

    Bagus MU menang, walaupun saya bukan fans MU tapi dia sudah melibas Inter dengan baik😈

  14. 14 Sukma Maret 12, 2009 pukul 12:52 am

    Bagus MU menang, walaupun saya bukan fans MU tapi dia sudah melibas Inter dengan baik

    Bravo MU!!

    ah, dudul nih om Jose.. Ibra azhari juga mandul tuh…

    Man of the match:

    Inter: Julio Cesar
    MU: tiang gawang
    😛

  15. 15 jensen99 Maret 12, 2009 pukul 4:25 am

    @ Ando-kun | Arm (2) | Rukia | Sukma

    “You’re angry and frustrated when your team doesn’t play, when it doesn’t express its qualities, or when it’s afraid of playing. This is the kind of match after which, if anyone has anything to criticise my team about, they would have to kill me first because Inter were fantastic tonight, but it’s not easy to play at Old Trafford and unfortunately luck wasn’t on our side.”

    ~Jose Mourinho, after the match

    @ Arm (1)

    Aeh, saya gak ada kepentingan dengan siapa yang lolos pada partai Muenchen vs Sporting, tapi penting untuk secepatnya menjegal usaha Real Madrid memenangkan gelar kesepuluhnya.

    @ lambrtz

    2-0 kok.

  16. 16 lambrtz Maret 12, 2009 pukul 5:37 am

    *baru bangun 1.36 PM*

    Ralat: 2-0.

    Sori tadi ngantuk😛

  17. 17 Rukia Maret 13, 2009 pukul 1:59 am

    Saya tertawa penuh penghinaan pada kekalahan Inter waktu nonton, sampe ibu bilang saya udah ga waras😈

  18. 18 carra Maret 13, 2009 pukul 4:21 am

    ngakak @ komennya hawe69

    gw jualan aer aja deh di lapangan..

    *aer aer aerrr yang haus yang haus*

    saya jualan tahu aja deh…

    tarahu… tarahuuu…

  19. 19 jensen99 Maret 13, 2009 pukul 8:40 am

    @ lambrtz
    :mrgreen:

    @ Rukia

    Syukur saya gak nonton langsung, cuma highlightnya saja sejam kemudian (beserta partai2 lainnya)…😐

    *tarik napas panjang*

    @ carra

    Haiyah, cocok dah!😆


  1. 1 Chonburi 4-1 Persipura; Formasi Jackson Tiago gagal menguasai lebar lapangan « JenSen Yermi's Weblog Lacak balik pada April 28, 2011 pukul 5:42 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




JenSen99 is

I got a heart full of pain, head full of stress, handfull of anger, held in my chest. And everything left’s a waste of time~
Maret 2009
M S S R K J S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Lapak Berkicau

Follow me on Twitter


%d blogger menyukai ini: