Archive for the 'Keseharian' Category

Kalender 2016

Sesudah 2 tahun memakai kalender model poster dengan 12 bulan tercetak berdempetan di lembar yang sama, maka 2016 ini kamar tidurku kembali lagi dihiasi kalender multi halaman.

image

image

Kalender 2016 ini diterbitkan dan dikirimkan oleh Magic Ink, majalah komunitas tato Indonesia. 7 lembar bolak-balik bergambar model seksi. Menjamin pemandangan indah yang berbeda tiap bulan.Β :mrgreen:

Postingan penutup 2015 ini tuk ngetes posting pake aplikasi wordpress di hape kaca, siapa tahu bisa jadi lebih rajin posting. Juga ucapan terimakasih tuk wanita istimewa yang sudah ngusahain kalender ini datang dari Denpasar. πŸ™‚

Kamu, apa kalender pribadimu (di kamar atau ruang kerja) tuk 2016? Dikasih kantor? πŸ˜‰

Oh iya, selamat tahun baru 2016 teman-teman.

Film-film 2013

Tahun 2013 akan segera berlalu. Seperti juga tahun kemarin, dan kemarinnya lagi, tahun inipun dilewati dengan banyak nonton film. Ini belum terhitung nonton video konser dan serial TV (termasuk anime). Biasanya saya hanya menulis status di Twitter usai menonton sebuah film, Kelar nonton “blablabla”, lengkap dengan sedikit komentar. Tapi di Fesbuk sejumlah teman misalnya Moerz dan Lambrtz kalo usai menonton film akan menulis juga “film ke [masukkan angka] tahun ini”. Sayapun agak penasaran, berapa banyak film yang saya tonton tahun ini. Apakah sebanyak dan sesering kaan-kawan saya? Jadi setelah membolak-balik catatan harian yang tulisannya sulit dibaca, saya tulis saja daftar film-film tersebut menjadi postingan penutup tahun, beserta sedikit kesan-kesan dari apa yang bisa diingat atau tertulis di jurnal, kalo ada. 99% dari film-film ini adalah donlotan dari internet, jadi tentu saja kebanyakan adalah film lawas. BTW, saya hanya taruh link tuk film-film yang gak ada di wikipedia yaa. Juga kalo ada yang tanggal nontonnya dua, itu bukan nonton dua kali lho, tapi berhenti lalu dilanjutkan lagi di hari kedua. :mrgreen:

Mari kita mulai.

1. Star Trek: The Motion Picture [Sabtu 5 Jan]
Satu folder film Star Trek komplet dari Dnial di HDD external yang sekarang rusak. Berusaha memulai dari film yang pertama. Nonton di Salatiga ini, ternyata kesannya tak sekuno yang kupikirkan. Bagus juga.

2. Wuxia (Dragon 2011) [Rabu 9 Jan]
Film kungfu keren dari Donnie Yen. Ada detektifnya pula.

3. Rurouni Kenshin [Jumat 18 Jan]
Mimpi jadi nyata! Walo jalan ceritanya jadi berubah tapi Kenshin-nya pas bener. Adegan-adegan tarungnya juga keren. Semoga sekuelnya cepat keluar.

4. Street Fighter: The Legend of Chun-Li [Jumat 18 Jan]
Yak, persis reviewnya. Film yang bikin nyesal nonton.

5. Transformers: Dark of the Moon [Sabtu 2 Feb]
Nonton ulang (jarang-jarang lho). Setelah tiga film saya semakin yakin kalo sebenarnya Angkatan Bersenjata AS mampu menangani Decepticon sendirian tanpa bantuan Autobots, apalagi Sam Witwicky. :mrgreen:

6. Oldboy (2003) [Sabtu 2 Feb]
Thriller misteri Korea yang menarik. Saya suka plot incest di cerita ini. Saya baru tahu kalo ada remake versi Bollywood dan Hollywood dari film ini.

7. Alvin and the Chipmunks 2 [Sabtu 2 Feb/Senin 4 Feb]

8. The Four (Rabu 6 Februari 2013)
Saya selalu suka cerita kungfu fantasi seperti ini. Ada Liu Yifei pula.

9. Star Trek II: The Wrath of Khan [Kamis 7 Feb]
Melanjutkan proyek Star Trek. Ini yang terakhir ternyata sebelum HDD external rusak di Jogja. Saya yakin habis ini nonton seri ketiga tapi gak nemu catatannya.

10. Underworld: Awakening [Kamis 7 Feb]

11. Total Recall (2012) [Jumat 8 Feb]
Film eksyen yang keren. Saya suka setting kota, jalanan dan mobil masa depan di film ini.

12. Ghost Rider: Spirit of Vengeance [Sabtu 9 Feb]
Gak sebagus yang saya harapkan.

13. The Warrior’s Way [Selasa 12 Feb/Kamis 7 Mar]
Konsep gabungan timur-barat yang akhirnya ngaco & murahan.

14. Casino Royale [Senin 29 Apr]

15. Hanna [Selasa 30 Apr]
Awal-awalnya sampai Hanna kabur dari markas CIA itu keren banget. Sisanya jadi datar tapi tetep suka film ini.

16. Captain America: The First Avenger [Rabu 1 Mei]

17. The Extraordinary Adventure of Adele Blanc-Sec [Rabu 1 Mei]
Luar biasa! Seperti Tintin dicampur Tomb Raider.

18. Silver Linings Playbook [Minggu 5 Mei]
Kisah cinta yang indah. Dialog soal Tiffany bawa keberuntungan ke Philadelphia Eagles itu berkesan.

19. The Kingdom [Kamis 6 Jun]

20. Battleship [Kamis 6 Juni]
Cool abis. Macam cerita perang laut jaman dulu (jaman adu meriam) yang dibawa ke setting modern. Sebenarnya kekuatan AB AS di Hawaii masih banyak sekali walo ada satu armada AL terisolasi diluar sih.

21. Chinese Zodiaq [Sabtu 8 Jun]
Film bagus dari Jackie Chan soal sengketa harta karun. Masalah dunia nyata ini.

22. Lockout [Minggu 9 Jun]
Film eksyen keren. Ide klasik tentang tahanan yang dibekukan.

23. Resident Evil: Retribution [Minggu 9 Jun]
Lagi-lagi menggambarkan fasilitas Umbrella corp. yang mencengangkan. Zombienya makin sangar.

24. Vicky Christina Barcelona [Senin 10 Jun]
Film yang menarik tentang hidup bebas. Love is picky, but sex is blind.

25. Prometheus [Selasa 11 Jun]
Film survival yang bagus. Satu selamat.

26. Painted Skin: The Resurrection [Rabu 13 Jun]
Cerita tentang yokai yang lumayan mengharukan.

27. Children Who Chase Lost Voices from Deep Below [Jumat 14 Juni]
Plot, gambar dan musik semua luar biasa. Kisah klasik tentang bagaimana membangkitkan orang mati. Teorinya memang harus ada wadah dan bayarannya untuk roh yang dipanggil kembali. #terNaruto

28. The Mechanic [Sabtu 15 Juni]
Standar film Statham. Bagus kok. Seru.

29. Fearless (2006) [Minggu 16 Juni]
Standar film Jet Li. Tokoh sejarah ternyata Huo Yuanjia itu.

30. Cabaret Desire [Minggu 16 Jun]
Film erotis yang bagus. Macam 1001 malam gitu. Cerita dalam cerita.

31. Quantum of Solace [Selasa 18 Jun]

32. Skyfall [Rabu 19 Jun/Kamis 20 Jun]
Akhirnya film-film Bond jaman Daniel Craig kelar juga.

33. The Bourne Legacy [Jumat 21 Jun]

34. Abraham Lincoln: Vampire Hunter [Sabtu 22 Jun]
Fantasi sejarah yang bagus.

35. Life of Pi [Minggu 23 Jun]
Fantastis. Memelihara Harimau di darat saja susah, apalagi di laut.

36. Salt [Selasa 25 Jun]
Ini keren. Film heroik tentang komunis menghancurkan Amerika dan nyaris sukses. Sayang Iran dan Saudi batal dihujani nuklir.

37. Toy Story 3 [Selasa 25 Jun/Rabu 26 Jun]

38. The Man with the Iron Fist [Kamis 27 Jun]
Cuma musik dari RZA yang bikin film ini lumayan ditonton.

39. Wrath of the Titans [Jumat 28 Jun]
Labirin menuju ke Tartarus itu bagian paling fantastis dari film ini. Sisanya, seperti pendahulunya, kesannya kurang epik tuk pertarungan level dewa.

40. One Piece Film: Z [Minggu 30 Jun]
Yak keren banget. Titik. #fans

41. The Last Stand [Sabtu 6 Jul]
Ada Chevrolet Corvette ZR1 disini. Ini mobil favorit saya. Ceritanya sendiri lumayanlah.

42. The Twilight Saga: Breaking Dawn part I [Selasa 9 Jul]
Vampir-vampir disini makin terlihat seperti mutant dengan kekuatan yang berbeda-beda.

43. The Twilight Saga: Breaking Dawn part II [Rabu 10 Jul]
Sial, vampir kok happy ending. πŸ‘Ώ

44. The Raid: Redemption [Sabtu 13 Jul]
Adegan berkelahinya owsom, tapi kesatuan polisinya, senjatanya, metode penangkapan tersangka dan segala macam prosedur lain blunder semua. Memalukan kepolisian.

45. G.I. Joe: Retaliation [Minggu 14 Juli]
Film wajib tonton. Plotnya menggelikan. Melibatkan presiden AS di film ini kurasa ide buruk.

46. The Notebook [Senin 15 Jul]
Film ini mellow banget tapi romantis abis. Perjuangan merebut kembali pacar..

47. Furious 6 [Selasa 16 Jul]
Ini juga keren. Sayang klimaksnya blunder. Mana ada landasan sepanjang itu..

48. Naruto Shippuden Movie 6: Road to Ninja [Sabtu 20 Jul]
Ceritanya dalam banget ini. Kalo kehidupan tiba-tiba berubah total jadi seperti keinginan kita, apakah lalu jadi bahagia? Akatsuki jadi protagonis pelengkap di cerita ini. Semoga lain kali jadi pemeran utama.

49. Olympus Has Fallen [Sabtu 20 Jul]

50. The Three Musketeers [Senin 22 Jul]
Cool. Suka banget film ini, terutama kapal udaranya. Dan Gabriella Wilde cantik banget.

51. Diary of a Nymphomaniac [Selasa 23 Jul]
Tanpa teks jadi gak terlalu ngerti, tapi pokoknya puas liat Belen Fabra bugil mulu.

52. Universal Soldier: Day of Reckoning [Kamis 25 Jul]
Gak ada yang bisa diingat dari film ini selain van Damme jadi badut.

53. Hotel Transylvania [Jumat 26 Jul]
Lucu banget. Ceritanya abadi. Ortu yang gak bisa ngasi kepercayaan ke anaknya.

54. X-Men: First Class [Sabtu 27 Jul]
Akhirnya kesampaian nonton film ini dari awal. Di TV selalu dapet udah seperempat maen. Ternyata Erik Lensherr (Magneto) itu Yahudi!

55. Zero Dark Thirty [Minggu 28 Jul]
Film panjang yang patut ditonton. Klimaksnya susah diikuti karena malam gelap.

56. Gli Sfiorati [Minggu 28 Jul]
Tanpa teks juga. Tapi Miriam Giovanelli cantik mempesona. Sayang adegan bugil dia terlalu sedikit. 😦

57. Dredd [Selasa 30 Jul]
Seperti Robocop dimasukkan ke The Raid. Lumayan.

58. Halo 4: Forward Unto Dawn [Jumat 2 Agt]
Prolognya kepanjangan. Saya gak ngerti juga franchise film ini.

59. Pirates II: Stagnetti’s Revenge [Jumat 2 Agt]
Ini memang film porno kelas mahal. Belum nonton prekuelnya. Ada yang punya?

60. The Fast and the Furious: Tokyo Drift [Senin 5 Agt]
Saya nunggu 7 tahun buat nonton film ini supaya pas urutannya di franchise Fast & Furious. Sabar juga ya..

61. Puss in Boots [Selasa 5 Agt]

62. The Lady [Selasa 6 Agt]
Biopic. Suka liat Michele Yeoh disini dan adi lebih ngerti tentang Aung San Suu Kyi. Anak pendiri negara ternyata.

63. Ice Age 4: Continental Drift [Selasa 6 Agt]

64. Taichi Zero [Kamis 8 Agt]
Langsung terpesona lihat Angelababy! Wow..

65. Hansel & Gretel: Witch Hunters [Jumat 9 Agt]
Berasa seperti franchise Van Hellsing. Bagus nih.

66. Taichi Hero [Kamis 9 Agt]
Di catatan saya film ini punya lagu penutup yang keren. Tapi sudah gak ingat lagunya apa. Belum cari lagi. :mrgreen:

67. Loopers [Selasa 13 Agt]
Perjalanan waktu & merubah sejarah. Tema yang selalu menarik walo memusingkan.

68. One Piece 3D Movie 11: Mugiwara Chase [Kamis 15 Agt]

69. Bruna Surfistinha (Little Surfer Girl) [Jumat 16 Agt/Sabtu 17 Agt]
Tanpa teks juga. Tapi pokoknya ini film tentang blogger. :mrgreen:

70. Iron Sky [Sabtu 17 Agt]
Dari semua film yang penjahatnya Nazi, ini mungkin yang paling dahsyat pencapaiannya.

71. One Piece Episode of Luffy: Adventure on Hand Island [Senin 19 Agt]

72. The Gatekeepers [Rabu 21 Agt]
Dokumenter tentang para pimpinan Shin Bet dan cerita-cerita mereka menjaga keamanan Israel. Satu-satunya film yang gak dihapus dari HDD internal usai ditonton.

73. Killer Elite [Jumat 23 Agt]
Kalo kisah ini beneran nyata, ini sejarah yang menarik.

74. Madagascar 3: Europe’s Most Wanted [Selasa 27 Agt]
Lucu abis!

75. Iron Man 3 (Selasa 27 Agt/Minggu 1 Sep)
Level kecanggihan Tony Stark sudah luar biasa.

76. Kiss Kiss Bang Bang [Selasa 27 Agt]
Shane Black lagi; Robert Downey Jr. lagi. Film detektif yang unik dan lucu.

77. Cashback [Rabu 28 Agt]
Motivasi saya nonton film ini karena mo lihat secuil penampilan Keeley Hazell disini. Tapi ceritanya teryata romantis. Bagus.

78. Contraband [Kamis 29 Agt]
Tipikal eksyen yang saya suka kalo karakternya selamat semua di akir cerita daaaaaaan… jadi kaya raya. πŸ˜†

79. Les Miserables [Jumat 30 Agt]
Film banjir pujian. Memang bagus.

80. Epic [Sabtu 31 Agt]
Visualnya film ini indah banget. Banget!

81. 7seX7 [Senin 2 Sep]
Film Kroasia tanpa teks, tentang seks. Gak ngerti dialog. Cerita ketujuh yang paling menarik (lucu).

82. Fetih 1453 [Selasa 3 Sep]
Film Turki. Epik sejarah yang hebat, walopun penuh propaganda dan ketidak-akuratan sejarah.

83. Kyss Mig (With Every Heartbeat) [Kamis 5 Sep]
Film Swedia. Keknya pertama kali nonton film yang temanya lesbian. πŸ™„

84. A Good Day to Die Hard [Kamis 5 Sep]
Sebagai penggemar kemiliteran saya suka lihat helikopter Mi-24 dan Mi-26 di film ini.

85. Miracle in Cell no. 7 [Jumat 6 Sep]
Film Korsel luar biasa yang sangat wajib tonton. Lucu, mengharukan dan berkesan banget.

86. Oblivion [Sabtu 7 Sep]
Saya suka plot dan kemajuan teknologi masa depan di film ini. Pesawat bulatnya Jack, markas tinggi diatas awan, juga dogfight dengan drones. Keren semua.

87. The Berlin File [Minggu 8 Sep]
Film spionase keren banget dari Korea. Mossad pun ada di film ini. Kek film Jason Bourne.

88. 3D Sex and Zen: Extreme Ectasy [Minggu 8 Sep]
Tanpa teks juga. Ceritanya terserahlah, yang penting penuh payudara.

89. Now You See Me (Extended Version) [Senin 9 Sep/Selasa 10 Sep]
Film hebat. Nuansa The A-Team dengan segala aksi-aksi keren berempat tanpa pertumpahan darah.

90. Blood and Bone [Kamis 12 Sep]
Film kelas B. Nyesal dah buang waktu tuk nonton.

91. Lie with Me [Kamis 12 Sep]
Film yang sexy. Penuh dengan seks dan hubungan yang bermasalah karena seks dan cinta yang gak larut. Senang liat Lauren Lee Smith tanpa bra mulu di film ini.

92. Wreck-It Ralph [Jumat 13 Sep]
Ide tentang video game yang dunianya hidup itu luar biasa.

93. World War Z [Jumat 13 Sep]
Lumayan bagus. Tapi bloopersnya mengganggu banget. Masa AL AS pake Antonov An-12 dan kadang-kadang berubah jadi C-130 Hercules pula. Mabok ni Brad Pitt.

94. In Time [Jumat 13 Sep/Sabtu 14 Sep]
Amanda Seyfried memang cantik. Say suka ide berhenti menua di usia 25 itu.

95. Star Trek Into Darkness [Sabtu 14 Sep]
Keren. Sayang belum nonton prekuelnya.

96. Switch (2013) [Minggu 15 Sep]
Film mewah penuh gadis cantik yang plotnya berantakan.

97. Not Suitable for Children [Senin 16 Sep]
Film yang manis tentang persahabatan dan cara meniduri sahabatmu.

98. The Great Gatsby [Senin 16 Sep/Selasa 17 Sep]
Usaha luar biasa tuk mendapatkan kembali cinta yang pergi. Sayang gagal. 😦

99. Alex Cross [Selasa 17 Sep]
Mulainya kek Sherlock Holmes, belakangnya jadi Frank Castle.

100. Delhi Safari [Kamis 19 Sep]
Kek kartun murahan, tapi pesannya penting.

101. The Hobbit: An Unexpected Journey [Jumat 20 Sep]

102. The Thieves [Sabtu 21 Sep]
Direkomendasikan banget! Seru, lucu, keren. Film Korea makin bagus-bagus saja.

103. True Legend [Minggu 2 Sep]

104. Bullet to the Head [Senin 23 Sep]
Stallone, you rawks.

105. Q (Desire) [Selasa 24 Sep]
Flm erotis lagi. Bagus ini. Familiar dengan karakter Cecile: cewek yang pandai ngurusi masalah orang lain tapi kacau ngurusi diri sendiri.

106. The Girl with the Dragon Tattoo [Selasa 24 Sep]
Saya tak pernah baca novelnya, jadi menurut saya film ini bagus.

107. Gravity [Selasa 8 Okt]
Satu-satunya film yang kutonton di bioskop. Di XXI Solo square bareng Fahma Alfikri. Tak perlu komentar ya, film ini bagus.

108. Brave [Sabtu 19 Okt]

109. Taken [Minggu 20 Okt]
Bagian yang mendalam tu pembukaannya. Waktu suami baru si mantan istri bisa memberikan hadiah ultah yang jauh lebih mahal tuk anak perempuan si tokoh utama.

110. The First Time [Minggu 20 Okt/Senin 21 Okt]
Komedi romantis tentang cinta remaja dan seks pertama.

111. Pacific Rim [Selasa 22 Okt]
Kata temen saya sih film ini kek Ultraman. Sialan. πŸ˜†

112. Absolute Deception [Rabu 23 Okt]
Film bodoh dan buang waktu.

113. Taken 2 [Rabu 13 Nov]

114. Body of Lies [Kamis 14 Nov]

115. Man of Steel [Kamis 14 Nov]
Film seru. Heran kenapa Smallville kecil itu gak dihujani nuklir saja pas banyak alien gitu. :mrgreen:

116. Inkheart [Jumat 15 Nov]
Kalo memang bisa ngidupin karakter novel, kenapa Inkheart?

117. The Lone Ranger [Kamis 21 Nov]
Terlalu buang waktu di prolognya, tapi saya suka film ini. Klimaksnya juga seru.

118. Empire State [Jumat 22 Nov]

119. The Wolverine [Senin 25 Nov]
Menggelikan lihat Logan vs Ninja dan habis itu vs robot adamantium.

120. Shrek the Third [Senin 25 Nov/Selasa 26 Nov]

121. Rurouni Kenshin TsuiokuHen OVA [Kamis 28 Nov]

122. Be My Slave [Jumat 29 Nov]
Cinta dan seks dan hubungan kurang normal. πŸ˜›

123. Killing Them Softly [Sabtu 30 Nov]

124. Bolt [Minggu 1 Des]
Film ini mengembalikan mood yang hancur hari itu karena dikasari teman. Jadi ingat anjing-anjing saya dulu.

125. Journey to the West: Conquering the Demons [Minggu 1 Des]
Film menarik tentang prolog Perjalanan ke Barat. Ada Shu Qi and Chrissie Chau!

126. Percy Jackson: Sea of Monsters [Senin 2 Des]
Sub judul film ini mestinya The Golden Fleece. Kronos-nya cupu banget.

127. Riddick [Selasa 3 Des]
Survival vs alien dan orang-orang bodoh. Susah dengerin kalimat-kalimat Vin Diesel.

128. Cloud Atlas [Kamis 5 Des]
Sulit ya, ngikuti plot film ini. Tapi bagus.

129. The Concubine [Minggu 8 Des]
Plotnya hebat, dengan akhir yang mengejutkan. Jo Yeo Jeong cantik sekali disini, dengan banyak adegan seks yang panas.

130. Tekken: Blood Vengeance [Rabu 11 Des]
Film dari gim tarung memang wajib CGI biar pertarungannya keren. Ling Xiaoyu and Alisa Bosconovitch kek anggota girlband. Cute and adorable. :mrgreen:

131. After Earth [Rabu 11 Des]
Setting masa depan, mampu bikin koloni diluar bumi, tapi senjata cuma pake senjata tajam. Primitif total. πŸ™„

132. Limitless [Kamis 12 Des]
Film yang inspiratif.

133. The Heat [Jumat 13 Des]
Film ini moodmaker. Lucu total.

134. Sex is Zero [Senin 16 Des]
Film komedi Korea lawas yang teryata bagus. Bagian aborsinya itu nostalgik.

135. 2 Guns [Senin 16 Des]
Suka film ini. Tembak menembak, tipu menipu, dan akhirnya kaya raya.

136. Cop Out [Selasa 17 Des/Rabu 18 Des]
Lucu. Adegan pernikahan di akhir cerita berkesan banget.

137. Sex is Zero 2 [Rabu 18 Des/Kamis 19 Des]
Formula yang sama dengan film pertama. Lebih bagus juga ceritanya.

138. Turbo [Jumat 20 Des]
Animasi keren! Siput ngebut.

139. Starship Troopers Invasion [Minggu 22 Des]
Film heroik dari franchise Starshp Troopers. Biar CGI tetap ada payudara. Yang kerjain orang Jepang sih. Tia Durer imut!

140. Midnight in Paris [Rabu 23 Des/Kamis 26 Des]
Film ini indah, romantis dan inspiratif. Suka banget.

Tambahan:
141. Cold Eyes [Senin 30 Des]
Agak mengherankan bahwa tim intel polisi ini gak bawa senjata api & nembak, tapi ini film keren. Han Hyo-joo cantik…

142. The Hunger Games [Selasa 31 Des]
Bertahun-tahun menghindari nonton Battle Royale, sekarang malah nonton ini. Bukan cerita yang kusukai tapi tetap film yang bagus. Mungkin faktor Jennifer Lawrence.

Yak, ternyata 140Β 142 film total. Lumayan, mungkin bisa nambah 1-2 film sebelum tutup tahun. Kalian nonton berapa film tahun ini dan apa yang paling bagus? πŸ˜‰

Persocom [2]

tl;dr, cerita tentang PC yang rusak, hingga baik kembali. πŸ˜‰

Sudah dua tahun berlalu sejak terakhir kali PLN sukses merusakkan komputer desktop saya. Sejak saat itu berbagai usaha sabotase lewat padamnya listrik berhasil dilewati hingga akhirnya hari sial itu datang lagi. Jumat, 25 Oktober, sekitar 4pm. Sepulang dari menemani Athoe di bengkel motor, saya tidur sambil membiarkan PC menyala karena sedang merubah konser tur kedua SNSD di Jepang dari .flv ke .3gp supaya bisa diputar di HP kayu. PC padam ketika saya terbangun jam 6pm. Berarti listrik padam saat saya tidur. Segera saya menjulurkan tangan ke tombol start lagi. Belum juga ada gambar apapun di layar monitor ketika PC mulai hidup lagi, PLN yang mungkin memata-matai aliran listrik di rumah kami segera beraksi memutus arus. Blackout. Tidak lama, hanya 30 menitan sudah nyala lagi. Tapi PC tetap sunyi ketika dihidupkan lagi. Tewas. πŸ‘Ώ

Mengingat pengalaman terdahulu, saya 9/10 yakin kalo ini masalah PSU lagi. Kebetulan saat itu teman saya Jack -seorang teknisi PC amatiran yang sudah beberapa kali menangani masalah di PC saya- sedang berada di Jayapura. Tapi dia juga lagi banyak urusan. Jadilah saya yang depresi sendiri gak ada hiburan. Cuma fesbukan dan twitteran di HP kayu yang untungnya sekarang sinyal 2G lancar dari rumah. 6 hari kemudian (31/Okt) barulahΒ Jack kelar dengan urusannya tuk datang memasang PSU baru (ntah comot dari mana) ke CPU saya. Nyala. Setengah detik saja. Terdengar bunyi letupan, dan PC kembali sunyi. Fuck. Senin 4 Nov, Jack datang lagi dengan PSU baru lagi, ini juga ntah comot dari mana. Setelah utak-atik 2 jam, dia berkesimpulan, motherboard ASUS P4VP-MX saya rusak. Matek. Congratulation, PLN… πŸ‘Ώ

Bagi yang tahu hardware tentunya mengerti kalo motherboard socket 478 seperti itu tak ada lagi di pasaran. Mo dipasang dimana prosesor Intel Pentium4 2,26 GHz saya beserta segala perangkatnya? Tapi Tuhan itu baik. Selasa (5/11) esoknya Athoe memberikan saya motherboard bekas lungsuran kantornya yang sudah lama teronggok di gudang rumah dia. Sebuah ASUS P4B533-X beserta prosesor (Intel Pentium4 2,4GHz) dan casingnya yang juga lebih bagus dari punya saya. Tak ada komponen apa-apa lagi di situ. Bahkan PSU-nya sudah saya kanibal tuk PC saya 2 tahun silam dan kemaren rusak itu. Saya bawa pulang dengan senang, dan 2 hari kemudian (7/11) Jack sudah merakit PC “baru” dengan segala komponen yang tersedia. Melengkapi euforia, saya pun membeli sekeping RAM DDR 1GB tuk melengkapi kapasitas RAM jadi 2GB setelah sebelumnya hanya 1,5GB (1GB + 512MB). πŸ™‚

Sempat muncul masalah gimana cara menyelamatkan data dari drive C harddisk saya sebelum instal ulang. Alex dan Amed pun sampai kusms karena saya dan Jack tidak menemukan tombol tuk booting Windows Live CD dari DVD-ROM sesudah start up. Untung bisa teratasi. Setelah pemungutan suara via Fesbuk dan konsultasi di Twitter. Saya dan Jack memutuskan tuk upgrade OS dari Win XP SP2 yangΒ  sudah 9 tahun kugunakan di PC lama, ke Win 7. Win 7 pun terinstal rapi, begitu juga MS Office 2010. Hari sudah larut, kami bubar tidur. πŸ™‚

Jumat (8/11) malam, saya menghabiskan waktu 3 jam di warnetnya mas Agun tuk mencari sound driver bagi motherboard lawas itu yang kompatibel dengan Win 7, sementara Jack dirumah saya menginstal berbagai software kedalam PC. Hasilnya nihil, tak ada driver yang kompatibel tuk Win 7. Sabtu (9/11) esoknya Jack akal-akalnya menginstal driver itu dengan settingan kompatibilitas Win XP. Bisa terpasang dan keluar bunyi, tapi tidak demikian dengan driver kartu VGA. NVidia GeForce2 MX400 saya yang drivernya hanya versi XP tidak mau kompromi dengan Win 7. Selalu layar biru tiap kali dicoba memutar video. Gawat ini. Warnet langganan tutup malam minggu, harus nunggu senin tuk nyoba nyari driver yang pas dengan Win 7. Belum tentu dapat dan cocok. Malam itu juga saya putuskan downgrade ke Win XP lagi yang sudah terbukti stabil di hardware lawas. Jack nurut saja dan segera instal ulang. Tak lupa MS Office 2003 sebagai pelengkap. πŸ™‚

Hari-hari berikutnya saya sudah sibuk menginstal kembali berbagai program yang saya butuhkan, dan kembali memfungsikan PC sebagai sarana multimedia. Tidak butuh waktu lama tuk memahami bahwa ada yang salah dengan PC baru ini: performanya jeblok! Kemampuan multitasking hilang karena sangat boros memori, dan tidak mampu lagi memainkan banyak file video dengan lancar. Tersendat-sendat. Parah ini, apa guna PC hidup lagi kalo gak bisa putar film HD? Padahal prosesor dan RAM PC sekarang lebih tinggi dari PC lama. Secara teori performa mestinya minimal sama bagusnya, bukan kek gini. Konsultasi kanan-kiri tak ada jawaban memuaskan. Begitu juga curhat di Fesbuk. Sementara itu Jack tak mampu menemukan apa yang salah dan sudah harus pulang ke Ambon, membawa pulang prosesor Pentium4 2,26Mhz saya yang nganggur. Tinggallah saya pusing sendiri. πŸ™„

Saya kembali frustrasi lagi berhari-hari. Mau bersyukur bahwa “seenggaknya ada PC daripada gak ada”, tapi tetap penasaran. Film-film berdimensi kecil masih bisa lancar dimainkan, tapi saya tak puas. Minggu, (24/11). Melihat saya senewen mulu dan mengira-ngira masalahnya mungkin di grafis, Athoe menghibahkan kartu VGA ATI Radeon 9600XT nganggur. 128MB, dua kali lipat kartu VGA yang saya pake sekarang (64MB). Pikiran kami, mungkin bisa mengatasi masalah “gak bisa nonton film kek dulu” ini. Senin (25/11), kartu VGA saya pasang sendiri. Tapi PC gak mau hidup. Ternyata PSU tak kuat ngangkat komponen baru ini. Balik lagi ke kartu VGA lama. Mikir seharian, Selasa (25/11) kucoba lagi, kali ini DVD-ROM saya cabut kabelnya. Sukses, PC nyala. Tapi tak ada gambar apa-apa di layar. Hitam saja begitu. πŸ™„

Putus asa, Rabu (26/11) CPU kunaikkan motor dan kubawa ke mas Agun di warnet langganan. Minta tolong dipasangkan kartu VGA. Sama persis seperti yang terjadi di rumah saya, monitor di warnet pun gelap total. Saya membisu, pasrah. Kartu grafis lama akhirnya dipasang kembali, memberi kesempatan mas Agun menelusuri BIOS. Disinilah misteri terkuak. Suhu prosesor menunjukkan angka 89Β° C! Panas sekali. CPU dicek ulang dan terjawablah segala teka-teki. Salah satu dari empat penahan kaitan kipas prosesor (fan & heatsink) ternyata patah. Akibatnya kipas pun miring, menciptakan celah ke prosesor dan menaikkan suhu secara drastis. Tak heran performa jadi turun drastis. Syukur-syukur belum terbakar. Parahnya, bagian yang patah ini tidak dijual terpisah di toko. Syukurlah motherboard lama masih ada di rumah. Saya segera pulang mengambilnya tuk dikanibal pegangan kipasnya ke motherboard yang baru. Cklek. πŸ˜€

Dicoba nyalakan kembali, suhu prosesor sudah turun ke 49Β° C. PC menunjukan peningkatan performa besar-besaran, dan film-film bisa dimainkan lagi dengan lancar. Terakhir, kartu VGA yang baru dicoba kembali dan kali ini ada gambar di layar monitor. Segera saja driver VGA diinstal dan saya pulang dengan sukacita, membawa PC yang sehat walafiat. Tak masalah walaupun DVD-ROM tak bisa dipakai lagi karena kabel dayanya harus dilepas supaya daya cukup tuk nyuplai VGA. πŸ˜€

Dari sejak hari PC rusak itu sampai kelar semua masalah kemarin telah terbuang waktu sebulan penuh. Sungguh sia-sia, tapi semua berakhir baik. Lebih dari sekedar cerita, postingan ini juga ucapan terimakasih tuk semua teman yang sudah ikut repot. Jack yang sudah bongkar pasang hardware semampunya, juga instal ulang OS. Makasih tuk sumbangan PSU darimu. Lalu Pemerintah daerah provinsi Papua via kawan saya Athoe tuk komputer “baru” ini. Hitung-hitung cuma harddisk primer, kabel-kabel CPU, batere CMOS, kedua keping RAM, monitor dan tetikus yang memang milik saya. Motherboard, prosesor, Harddisk sekunder, kartu grafis, sampai casing (plus PSU sebelum ini dan papan ketik) semua sumbangan negara. Makasih. :mrgreen: Makasih juga tuk mas Agun yang sudah memecahkan masalah terakhir; dan tak lupa semua teman onlen yang tidak saya sebut satu persatu, yang sebulan terakhir menanggapi segala uring-uringan saya di social media atau sms soal PC rusak ini. God bless you all. πŸ˜‰

Kondisi untuk tidur

Hampir dua bulan yang lalu saya menemani nyokap berobat di Madiun. Kami nginap di rumah dokternya nyokap yang masih tidur sendiri. Kamarnya besar dengan fasilitas komplit: TV segede koran Kompas dibuka, stereo surround home theatre, 2 AC Β½ PK, 1 AC 1 PK, 2 set lampu (tiap set ada 4-5 lampu di tiap sudut & tepi plafon), kamar mandi dll. Sekelas kamar hotel kira-kira… πŸ™„

Menurut cerita nyokap yang sering tidur sekamar dengan dia, bu.. eh, mbak dokter ini penakut banget, jadi selalu tidur dengan TV nyala dan bersuara kencang, kedua set lampu menyala, dan yang paling parah buat nyokap… ketiga AC menyala semua. Brrr.. 😐

Saya agak prihatin dengan orang yang takut gelap, tapi ya tiap orang punya kondisi tertentu tuk tidur. Beberapa teman yang pernah saya tumpangi kamarnya juga mesti tidur dengan TV menyala sampai pagi; ada yang harus dengan AC menyala; dan macam-macam lagi.

Kondisi ideal saya sendiri untuk tidur adalah: sunyi senyap, lampu kamar gelap gulita, dan suhu hangat/suhu kamar atau dengan AC tapi tidak terlalu dingin. TV & AC masih bisa kutoleransi, tapi kalo ada cahaya saya harus cari posisi yang gak ngadep ke lampu, atau harus pake topi tuk nutupi muka. πŸ˜€

Saya pernah pasang status fesbuk soal ini, dan jawaban teman-teman juga beragam:

Lambrtz: Ada yang harus tidur dengan pelukan wanita
.
.
.
.
.
.
.
…bayi sama ibunya.
Chiilmill: saya mana aja bisa. yang penting bobo! 😈
Mansup: Saya mesti nyalain TV atau film di laptop…
Mikow: Saya tipe yg gelap2an sambil meluk leptop πŸ˜†
Princez: Saya kudu gelap gulita, sunyi dan pake selimut tebal despite of cuaca
Pito: saya… tidur? apa itu?
*nggak sante*
*sensi*
Hoek: Saya tidur kalau sudah pagi, posisi masih duduk manis di kursi…
terbangun biasanya sudah di kasur-karpet depan meja kerja, dan matahari sudah tinggi
Christin: saya tidur harus gelap gulita dan peluk guling. gak berbantal pun tak papa asal berguling
Topan: kalau saya harus tutup mata dulu, barus bisa tidur… gak pernah bisa tidur melek soale… fufufufu///
Amed: Sa.. saya tidur di mana saja, dengan perabot apa saja gpp…
Fitria: saya tipe tidur yang harus terang, atau yang penting tidak gelap gulita harus ada cahaya

Yah begitulah. Namanya teman, jawabannya campur antara serius dan bercanda. :mrgreen:
Kamu, gimana kondisi tidur idealmu? πŸ˜‰

6 film terakhir [per 090112]

Melanjutkan kegiatan kemarin, nonton film masih jadi acara utama akhir-akhir ini. Kali ini hanya dalam rentang waktu lima hari. :mrgreen:

Here I go again..

The Expendables

 

Ditonton 051012. Film eksyen yang sempurna. Banyak ledakan dan musuh yang bertumbangan, tapi tak ada protagonis yang gugur dengan heroik. Yang segera teringat sesudah nonton adalah film ini seperti gabungan The A Team, G.I. Joe, Mortal Kombat dan Super Junior. The A Team karena Ross dkk juga pasukan bayaran; G.I. Joe karena anggotanya memiliki macam-macam spesialisasi (dan kelihatannya berbeda latar belakang juga); Mortal Kombat karena penuh pertarungan fisik yang seru; lalu Super Junior? Mbak HW sampai bertanya di status FB saya karena merasa tidak melihat ada adegan dance di film itu. πŸ˜† Perihal SuJu ini teringat tidak lain karena film ini disesaki pemain bintang, sehingga di posternya pun mereka berjejer bagai boyband. Ntah kenapa yang terpikir kok bukannya Ocean Eleven. Hanya kalau dibandingkan Super Junior, oom-oom ini pantasnya menyandang nama Super Senior. πŸ˜†

Balik ke cerita, negara fiktif Vilena ini kelihatannya hanya pulau miskin sangat kecil, dengan ibukota kampung kumuh nan tertinggal (tak ada bandara?), serta hanya dijaga pasukan infantri ringan yang kelihatannya tak sampai satu batalyon tanpa markas, semua ngepos di istana kepresidenan sebagai pengawal sang pimpinan. Meskipun begitu agak aneh juga satu negara bisa diserbu cuma oleh lima orang berjalan kaki, yang meninggalkan pesawat amfibi mereka tanpa terjaga entah dimana, lalu entah pakai apa dari pantai ke istana tanpa ketahuan. Di dunia nyata, Guinea Khatulistiwa yang sebesar itu pernah presidennya mau digulingkan oleh tentara bayaran berkekuatan 70an orang. Sayangnya upaya ini gagal, kalau tidak bisa buat mengira-ngira kebutuhan personil untuk menyerbu istana presiden negara dunia ketiga. Mungkin karena tidak ada Rambo dan Wong Fei Hung dalam pasukan mereka ya? :mrgreen:
Satu poin lagi, saya mengagumi persenjataan yang dipakai para anggota Expendables. Senapan serbu Noveske Rifleworks Diplomat standar mereka belum pernah saya lihat dipakai pasukan khusus manapun, begitu juga dengan shotgun AA-12 tentengan Hale Caesar yang sepertinya menggantikan peran senapan mesin (sekelas Minimi) standar regu. Sekali lagi, saya suka film ini. πŸ™‚

Tale of Tales

Ditonton 070112, lalu menyadari bahwa saya hanya punya bagian 1-3, jadi bagian keempat baru didonlot dari yutub dan ditonton pada Minggu pagi. Menurut beberapa konsensus, film Sovyet tahun 1979 ini adalah film animasi terhebat sepanjang sejarah. Dari sisi kedalaman cerita dan teknik penyampaian cerita, mungkin saja sih. Film ini memang berat. Miskin dialog, sehingga betul-betul harus mengerti tiap simbol dalam film. Saya sendiri syukurnya terbantu adanya internet tuk mengerti isi film pendek ini. Mungkin ini karya klasik dan legendaris, tapi baik cerita maupun visualisasi, ini bukan film yang saya nikmati, hanya musiknya yang berkelas. πŸ™‚

Banlieue 13

Ditonton 080112 sore. Hal-hal menyenangkan dari film non Hollywood adalah saya tidak terlalu mengharapkan adanya eksyen yang hebat sehingga apabila elemen tersebut ternyata ada, senangnya jadi tak terkira. Film B13 ini juga begitu. Memang beruntung sekali penemu Parkour sendiri yang jadi pemeran utama. Saya suka ide soal sebuah area yang “resmi” tanpa hukum didalam sebuah negara hukum, sehingga kekuasaan gembong narkotik dan milisinya bisa eksis disana beserta segala kriminalitas lainnya. Ini lebih masuk akal daripada suatu negara/kota yang dikuasai pengedar narkoba dan mereka bisa mengontrol aparat.

The Last Airbender

Ditonton 080112 malam. Film ini epic failure. Kecuali beberapa special effect yang juga tidak maksimal penggunaannya, sama sekali tidak ada yang bagus dari film ini. Kawan saya Ando yang tukang bahas film saja sampai gak mau nonton film setelah baca ulasan kawan-kawan dia, karena dirasa bakal menghabiskan waktu yang mungkin bisa dia pakai nonton film yang lebih bagus. Kurasa film ini harus dianggap tidak pernah ada oleh Nickleodeon, lalu dibuat ulang dengan durasi minimal dua jam menggunakan pemeran utama yang seluruhnya ras Asia dan sutradara Hongkong.

Love and Other Drugs

Ditonton 090112 siang. Kisah cinta klasik melibatkan cewek penderita-penyakit-tak-tersembuhkan. Film ini menarik karena saya selalu menikmati cerita tentang HTS; dalam film ini cinta bisa tumbuh dimulai karena sering berhubungan badan. Syukurnya proses menuju “nyatakan cinta” yang tersendat-sendat ini bisa berakhir bahagia. Satu sub cerita lainnya soal perjuangan Jamie menjadi salesman obat agak membingungkan saya dengan istilah-istilah medis yang sulit, dan sayangnya bagian ini mentok karena dikorbankan untuk urusan cinta, padahal menarik juga. Satu percakapan dari kencan pertama Jamie dan Maggie:

Maggie: What’s your game?

Jamie: My game?

Maggie (Unintelligible): This is the part where we talk about where we come from and what we majored in in college.

Jamie: You have beautiful eyes.

Maggie: That’s it? That’s the best you got?

Jamie: I’m serious. They’re beautiful.

Maggie: Well, let’s go.

Jamie: Excuse me?

Maggie: Well, you want to close, right? You want to get laid?

Jamie: Now?

Maggie: Oh right, right, right. I’m supposed to act like I don’t know if it’s right. So then you tell me that there is no right or wrong, it’s just the moment. And then I tell you that I can’t while actually signaling to you that I can, which you don’t need because you’re not really listening because this isn’t about connection for you. This isn’t even about sex for you. This is about finding an hour or two of release from the pain of being you. And that’s fine with me, see, because, well, I want the exact same thing.

Cewek yang menyenangkan ya? :mrgreen:

Fast Five

Ditonton 090112 malam. Saya memuji durasi 130 menit film ini. Film-film blockbuster memang seharusnya berdurasi panjang. Buat penonton ada banyak hal yang jadi bisa diceritakan, buat sutradara juga makin sedikit adegan yang dibuang saat pengeditan. Soal eksyen, tidak ada keraguan bahwa ini film hebat. Dari sisi cerita, kurasa poin saya mirip seperti komentar pada film The Expendables dan B13 diatas. Dengan latar kota sebesar dan sepenting Rio de Janeiro, agak aneh bahwa kota itu dikuasai satu saja pengusaha jahat yang bahkan menguasai polisi. Pada adegan klimaks kurasa lalu lintas juga terlalu lengang walopun itu pastinya menyelamatkan banyak nyawa. πŸ˜† Saya juga naksir mobil Armet Gurkha yang dipakai Luke Hobbs. Rasanya mobil itu yang begitu bersinar diantara deretan mobil eksotis di film ini. Kalau dipake sehari-hari keren ya? Gak perlu takut lecet. :mrgreen:

Sekian dulu, nanti dilanjut lagi. πŸ˜‰

5 film terakhir [per 040112]

2 minggu terakhir ini saya lumayan dapet waktu luang dan mood tuk nonton film-film yang mengendap manis di harddisk external. Tiba-tiba keinginan nonton itu ada karena film-film donlotan baru datang terus, sementara kapasitas harddisk sangat terbatas, padahal harga HDD external konon lagi mahal sekali sekarang. (kenapa ya?). Natal kemaren saja tuk ngopi 33GB dari temen yang mudik dari New York, saya harus menghapus banyak film yang setelah setahunan disimpan saya rasa tidak akan pernah ditonton. Terutama film-film Indonesia. :mrgreen:

Sampai 4 Januari tengah malam, ini lima film yang saya nikmati. Tidak ada film baru kok. Semua film yang sudah kalian tonton jaman dahulu kala. πŸ˜›

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides

Ditonton Selasa, 271211. Seperti trilogi sebelumnya, film ini owsom. Padahal saya belum pernah nonton At World’s End, sementara Dead Man’s Chest cuma kutonton dua pertiga bagian terakhir di TV kabel. Syukur ada wikipedia, jadi cerita-cerita sebelumnya mudah dirunut kembali. Lagian juga ada prolog yang tidak divisualisasikan, seperti bagaimana Black Pearl bisa tertangkap si Kurohige.

Ceritanya sih sudah macam Indiana Jones, tapi tetep asyik. Karakter sejarah seperti Blackbeard, Juan Ponce de LeΓ³n dan kapal masing-masing plus legenda populer seperti mermaid dan Fountain of Youth jadi bumbu gado-gado yang bagus tuk film ini. Jack Sparrow memang penuh keberuntungan. Cuma klimaksnya kurang berkesan. Blackbeard mestinya bisa pamer kesaktian ketika pasukan Spanyol menyerbu. Ah, mermaid-nya keren btw! Habis nonton saya langsung gugling itu cewek. Hot juga..! :mrgreen:

Hellboy II: The Golden Army

Ditonton Kamis, 291211. Hellboy 2 ini sungguh menye-menye. Superhero tidak dilarang jatuh cinta, dan kisah cinta mereka selalu seru. Tapi anak raja neraka? Sudah macam anime InuYasha saja jadinya ini cerita. Mestinya ada karakter sekelas Sesshoumaru yang datang mengejek Hellboy kalo gini. Padahal konon di komiknya Hellboy dan Liz itu cuma seperti kakak-adik. Plot juga membosankan. Setelah trilogi The Mummy, ide untuk menguasai dunia memakai pasukan dalam legenda yang dihidupkan kembali terasa tidak kreatif. Lagian setting film ini jaman modern. Kalau koordinat arsenal lawan sudah diketahui di lokasi terpencil (Irlandia Utara), beberapa bom nuklir lewat serangan udara mestinya bisa menyelesaikan masalah. Toh organisasinya Hellboy itu berada dibawah pemerintahan AS. Sebagai unit khusus, kemampuan tempur Hellboy dkk juga mengecewakan. Defense, attack, speed, agility, body balance, long passing accuracy semua gak ada istimewanya. Kalau ketemu Chuck Norris keknya bakal kalah. πŸ˜†

Faster

Ditonton Minggu, 010112. Ini film antihero keren. Saya suka jagoan yang bisa menembak tanpa pakai ngobrol-ngobrol dengan calon korban, juga tetap hidup di akhir cerita. Kupikir si Driver ini mestinya ke Gotham City dan menggantikan Bruce Wayne jadi Batman. 😈

Tron: Legacy

Ditonton Senin, 020112. Sepertiga pertama film ini lumayan, lalu sisanya bikin ngantuk dan ketiduran. Film ini ada prequel-nya hampir 30 tahun silam, dan melanjutkan cerita tentang dunia game tahun 80an dari sudut pandang pencapaian game masa kini membuat kisahnya jadi terasa bodoh. Bahkan visualisasi super modern pun tetap saja tidak menolong kesederhanaan setting The Grid. Kejar-kejaran motor masih bisa dinikmati. Tapi dogfight dan menembak pake tail turret? Y U NO use radar & missiles? Seketinggalan itu saja masih mau (lagi-lagi) membentuk pasukan infantri untuk menguasai dunia. Muncul tahun 1942 pun bakal hancur digilas balatentara Nazi. Mau menguasai dunia jaman sekarang itu perlu sepasukan Gundam! 😈

Up

Ditonton Rabu, 040112. Film ini hebat. Memberi teguran bahwa impian (terutama yang menyangkut tempat lain) itu harus bisa dikejar sesegera mungkin, sebisanya selama masih muda, kuat dan belum mapan, agar tidak jadi penyesalan di masa tua nanti. Dengan kata lain sih saya yang paling kesindir dengan film ini.
*melirik peta ibukota*
*ibukota Jepang*
:mrgreen:
Soal cerita dll saya rasa tidak ada kurangnya. Saya takjub saja obyek terbang sebesar itu tidak terdeteksi radar pertahanan udara sekian banyak negara dari AS sampai Venezuela. Lagian, mengira-ngira usia Carl Fredricksen, si Charles Muntz itu tua banget kalo begitu. :mrgreen:

Yak, sekian komentar singkat. Sampai jumpa lagi. Apa lima film terakhir yang kalian nonton? πŸ˜‰

Christmas 2011

Selamat Natal, teman-teman. Selamat bersenang-senang, semoga makanan lezat selalu bersama kita, dan yang jomblo diberi teman kencan. πŸ˜‰
*ngomong sama cermin*

 

 

Keterangan: gambar girlband LPG, diambil dari sini.


JenSen99 is

I got a heart full of pain, head full of stress, handfull of anger, held in my chest. And everything left’s a waste of time~
Juni 2017
M S S R K J S
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Lapak Berkicau

Follow me on Twitter