Posts Tagged 'puasa'

Razia (pas puasa)

Suatu kebetulan yang bagus bahwa tahun ini bulan puasa berjalan berbarengan dengan agustusan, saat harapan-harapan kita tentang kemerdekaan bisa juga termasuk harapan untuk merdeka menjalankan atau tidak-menjalankan perintah agama; atau seperti kata kawan saya Pito:

Merdeka adalah nyaman makan siang di bulan Ramadhan tanpa was-was warungnya digrebek ormas “beragama”.

Apa daya, bulan puasa sudah memasuki minggu terakhir, tapi berita-berita razia warung makan masih juga menghiasi televisi saya (entahlah di TV kalian). Ini soal basi tuk dibicarakan, tapi keprihatinan yang (lagi-lagi) muncul toh jadi twit juga Jumat kemarin:

dan dibalas dengan bagus oleh celo:

Keep on reading!

Kenapa namanya ‘buka puasa’? ^^

Bulan puasa 2006, saat masih punya kekasih. Suatu senja, saya menemani dia menunggu waktu boleh berciuman berbuka puasa di tangga masuk Kantor Pos Abepura. Ntah mikir apa, saya tanya begini:

Saya: Kenapa mengakhiri jam puasa itu namanya ‘buka puasa’, dan bukan ‘nutup puasa’ ya? 15
Dia: Eh..? Wah, tidak tahu. Kenapa yaa..?
Saya: … 15

Lima menit sesudahnya kami diusir petugas Kantor Pos yang hendak menutup pagar… 15

BTW, karena mendadak(?) teringat lagi, percakapan tersebut iseng saya bicarakan dengan Frozen Al-Esensiyah 10 hari silam:

Saya: eh, kenapa mengakhiri jam puasa namanya “buka puasa”? Bukan “nutup puasa”?

Frozen: puasa itu sendiri kan artinya menahan diri dari makan dan minum sehari penuh, jadi kalau sudah habis puasanya, kami yang muslim membuka diri terhadap keinginan itu (makan, minum)
Frozen: kurang lebih demikian u_u

Saya: “membuka diri terhadap keinginan itu” Saya: I see…

Frozen: diperbolehkan untuk berbuka
Frozen: ah, apa ya istilahnya
Frozen: *mikir*
Frozen: jujur, baru mas jensen yang nanya begitu

Beberapa jam kemudian, setelah mempostingnya sebagai status fesbuk tanpa tambahan pencerahan berarti…

Frozen: mas
Frozen: piye
Frozen: sudah dapat jawaban yang lain?

Saya: belum tuh
Saya: masih bertengger di status fesbuk

Frozen: nah, seorang kawan lulusan universitas jurusan psikologi memberi pendapat lain mas
Frozen: menurut dia
Frozen: kenapa menggunakan kata “berbuka puasa”, karena waktu maghrib adalah waktu puasa yang sesungguhnya
Frozen: waktu pembukaan
Frozen: siang itu muslim berpuasa fisik
Frozen: nah, senja menjelang malam sampai subuh lagi itu, ia puasa batin
Frozen: puasa kelakuan
Frozen: polah
Frozen: lha sekarang ada orang puasa fisik, tapi di sorenya waktu berbuka malah melahap 1001 macam makanan
Frozen: ia gagal di ujian puasa batin
Frozen:
Frozen: gimana

Saya:…

Yah, saya sih, gak mungkin mengomentari pendapat apapun tentang jawaban-jawaban dari pertanyaan iseng ini, cukup mencatatnya sahaja. Hari ini diposting saja, siapa tahu ada yang mau menambahkan.

Dia tuh yang Islam, mbak…

Bulan puasa beberapa tahun lampau, saat masih kuliah (ntah tahun berapa, kelamaan kuliah), saya dan Fritzter keluar kampus siang hari sama-sama, jalan kaki. Belum jauh dari kampus, Fritz belok masuk warung, makan. Saya duduk-duduk bego saja disebelahnya. Semenit kemudian merasa bosan..

Saya: Mbak, teh manis hangat satu!
(satu menit berikutnya, si mbak datang nganterin pesanan)
Si mbak: (nyuguhkan teh) Wah, mas… ga tahan ya?
Saya:…..
Fritz: (sambil makan) Iya, kamu tu kalo puasa mbok ya yang bener. Harus bisa tahan dari godaan. Yaddayadda…
Saya:…..


JenSen99 is

I got a heart full of pain, head full of stress, handfull of anger, held in my chest. And everything left’s a waste of time~
September 2021
M S S R K J S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip

Lapak Berkicau

Follow me on Twitter